Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada Seruyan 2018

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 08 Februari 2018 - 07:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Seruyan menggelar latihan dan simulasi pengamanan Pilkada Seruyan yang akan digelar 27 Juni 2018 mendatang.

"Latihan ini untuk mewujudkan dan menciptakan suasana kondusif saat pilkada," kata Wakapolres Seruyan Kompol Agus Dwi Suryanto, Rabu (7/2/2018).

Mantan Kabag Ops Polres Palangka Raya ini mengatakan, latihan dan simulasi pengamanan ini untuk mengantisipasi dan mengatasi secara bersama-sama apabila terjadi kerusuhan saat pelaksanaan pilkada.

Sehingga kesiapsiagaan anggota kepolisian harus senantiasa terjaga dalam rangka mengawal serta mengamankan prosesi pesta demokrasi ini.

Selain itu, latihan dan simulasi ini juga dilaksanakan dalam berbagai kondisi, mulai dari pelaksanaan pemilihan, pemungutan suara hingga penetapan pasangan calon sebagai kepala daerah Kabupaten Seruyan yang baru.

"Kita lakukan simulasi pengamanan mulai dari pemilihan dan pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) hingga mengawal surat suara serta penetapan paslon nantinya," katanya.

Sebelumnya, tambah Wakapolres, pihaknya juga menggelar Latihan Tactikal Floor Game (TFG) yang dilaksanakan sebagai gambaran awal terhadap situasi di Kabupaten Seruyan yang harus membutuhkan penanganan khusus.

Pelatihan TFG ini juga dilakukan untuk memberikan gambaran langkah-langkah yang harus dilakukan personil dalam pengamanan pilkada di lapangan nantinya.

"TFG merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun dan sebagai upaya mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat jalannya tahapan pilkada ke depan," terangnya.

Tactical floor game bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait lokasi yang digunakan, kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan.

Berita Terbaru