Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nelayan Pantai Lunci Hanya Gunakan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Februari 2018 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Sukamara Yofi Yudistira mengapresiasi masyarakat pesisir Kecamatan Pantai Lunci yang ramah lingkungan. Untuk menjaga kelestarian laut, warga telah menyepakati untuk tidak menggunakan alat tangkap yang dapat merusak lingkungan dalam menangkap ikan.

"Yang menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan itu biasanya orang yang berada di luar kecamatan. Seperti kasus sebelumnya, pembakal di Pantai Lunci juga pernah lapor kepada kita mengenai adanya orang luar yang menangkap ikan di wilayahnya dengan alat tangkap yang dinilainya merusak," terang Yofi Yudistira, Kamis (8/2/2018).

Menurut Yofi, masyarakat Pantai Lunci dalam beraktivitas menangkap ikan di laut hanya menggunakan pukat udang. Pihaknya menilai pukat tersebut ramah untuk ekosistem di laut dan tidak merusak.

"Mereka tidak menggunakan pukat cantrang, mereka hanya menggunakan pukat udang dan nelayan Lunci juga tidak pernah melaut sampai jauh," tuturnya.

Yofi menjelaskan, tidak adanya nelayan Pantai Lunci yang menggunakan pukat cantrang karena adanya kesepakatan antarmasyarakat sehingga sampai saat ini masyarakat hanya menggunakan alat tangkap yang ramah.

"Jika ada yang menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan, yang menegur masyarakat itu sendiri dan apabila tidak mau mendengarkan, alat tangkapnya bisa disita dan disimpan di rumah pembakalnya," kata Yofi Yudistira. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru