Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada Empat SMA di Kotim Masih Gelar Ujian Sistem Offline

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Februari 2018 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Sedikitnya ada empat sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang masih menggunakan sistem offline saat melaksanakan ujian sekolah.

"Iya ada empat SMA, yakni SMAN 1 Cempaga Hulu, SMAN 1 Mentaya Hulu, SMAN 1 Antang Kalang, dan SMA PGRI 2 Sampit," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kotim Bima Eka Wardana, Kamis (8/2/2018).

Keempat sekolah itu melaksanakan ujian sistem offline lantaran peralatan dan perlengkapan yang dimiliki masih kurangan, terutama komputer.

"Untuk empat sekolah itu memang kekurangan peralatan dan juga jaringan internet yang susah," kata Bima.

Namun, ke depan diharapkan empat sekolah itu bisa menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sehingga seluruh SMA di Kotim bisa melaksanakan ujian sistem semi online hingga online

Bima Eka melanjutkan, banyak kelebihan dari ujian nasional berbasis komputer bila dibandingkan dengan ujian nasional berbasis kertas dan pensil.

Di antaranya distribusi soal lebih praktis karena tidak menggunakan kertas, kemudian mengurangi potensi soal ujian tertukar, serta kecilnya peluang terjadi kecurangan.

"Waktu siswa untuk menjawab soal juga lebih banyak karena cara menjawabnya tidak seperti saat menggunakan pensil. Dengan begitu, diharapkan hasil ujian siswa juga lebih memuaskan," sebut Bima Eka.

Tahun ini, ujian tingkat SMA/MA dijadwalkan pada 9-12 April 2018, sedangkan untuk tingkat SMK dilaksanakan pada 2-5 April 2018. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru