Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Raih Akreditasi Paripurna dan Naik Kelas, Tantangan RSUD Sultan Imanuddin Semakin Berat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 08 Februari 2018 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meraih akreditasi Paripurna atau bintang lima dan naik menjadi kelas B.

Capaian itu akan menjadi beban berat bagi manajemen RSSI untuk mempertanggungjawabkan predikat tersebut. "Dengan raihan akreditasi ini banyak kendala yang dihadapi ke depan termasuk sarana dan prasarana RSUD," kata Bupati Kobar Nurhidayah dalam kegiatan syukuran atas keberhasilan tersebut di RSUD Sultan Imanuddin, Kamis (8/2/2018).

Ada beberapa keluhan yang disampaikan masyarakat di antaranya antre untuk mendapatkan pelayanan cuci darah yang terlalu lama. "Tentunya hal ini lantaran peralatan yang ada jumlahnya masih kurang, namun pasiennya banyak," terang Bupati.

Karena itulah, lanjut Bupati, Pemkab Kobar akan terus mendukung RSSI agar bisa memiliki sarana pelayanan kesehatan terbaik se-Kalteng.

Di tempat yang sama, Direktur RSSI drg Akhmad Faozan menjelaskan, akreditasi adalah pengakuan dari lembaga pemerintah yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberikan penilaian mengenai manajemen, sarana prasarana serta pelayanan.

"Akreditasi adalah keharusan sesuai UU Kesehatan. Setiap tiga tahun penilaian akreditasi ini diulang dan setiap tahun dilakukan evaluasi terhadap RS yang telah mendapatkan akreditasi," jelas Faozan.

Dengan keberhasilan meraih akreditasi RS ini, menurut Faozan, akan semakin berat tantangan yang bakal dihadapi.

"Karena tentunya harapan masyarakat menjadi sangat tinggi pada RSSI. Bila ada kesalahan atau ketidaknyamanan pada pasien dalam hal pelayanan, orang pasti akan langsung mengatakan apakah ini yang namanya pelayanan bintang lima Artinya kita harus berbenhah dan memberikan pelayanan yang lebih  baik lagi dalam melayani masyarakat," jelas Faozan. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru