Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Stunting di Gunung Mas Masih Tinggi

  • 08 Februari 2018 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Angka stunting di wilayah Kabupaten Gunung Mas masih tinggi, berada di angka 32%. Kondisi ini menjadi perhatian serius.  

"Target kita angka stunting bisa turun menjadi 20%," kata Koordinator Provinsi Kalteng IMA Word Health, Mirhan, saat berada di Pos KB Kes Terpadu Kamalan 12 yang berlokasi di Asrama Polsek Kurun, Kamis (8/2/2018).

Menurut dia, beberapa upaya dilakukan untuk mencegah stunting atau tubuh pendek karena kekurangan gizi. Misalnya pemberian ASi eksklusif selama enam bulan, asupan gizi ibu saat hamil, pemberian makan sehat dan seimbang terutama pada 1.000 awal kehidupan dan lainnya.

Ketua Seksi Sosial Pos KB Kes Terpadu Kamala 12, Juwita Revin, mengatakan, kader dan petugas kesehatan di sela memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak, juga menyampaikan pemahaman terhadap pola hidup sehat. Misalnya cuci tangan dengan sabun sebelum makan.

Kemudian, menjaga jamban agar selalu bersih, pemberian ASI eksklusif selama enam bulan dan hal lainnya. Semua hal itu supaya kesehatan ibu dan anak tetap terjaga, demi mencegah stunting dan penyakit lainnya.

Sementara itu, sejumlah masyarakat yang dibincangi wartawan saat pelayanan kesehatan ibu dan anak di Pos KB Kes Terpadu Kamala 12, menuturkan, masih banyak yang belum memahami upaya mencegah stunting. Sehingga perlu sosialisasi dari berbagai pihak. (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru