Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkada Untuk Ciptakan Pemimpin Bukan Konflik

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 Februari 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Pemilihan kepala daerah (pilkada) harus dalam suasana kondusif. Sebab hajatan politik ini bertujuan menciptakan pemimpin, bukan konflik. Termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah yang akan menyelenggarakan pilkada di 11 kabupaten/kota.

“Kita harap pilkada serentak 2018 di 11 kabupaten/kota di Kalteng jangan menjadi sumber perpecahan antarmasyarakat. Sebaliknya, harus menunjukkan pilkada berkualitas dengan suasana damai dan harmonis yang tetap terjaga,” pesan anggota DPR RI perwakilan Kalteng Hamdhani, Kamis (8/2/2018).

Untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan komitmen semua pihak. Semua pasangan calon yang nantinya menjadi peserta pilkada harus berkomitmen menjaga rasa persaudaraan di tengah masyarakat.

Walau berbeda dukungan, bukan menjadi alasan untuk membuat pertentangan yang kontraproduktif yang jauh dari persaingan sehat.

Sejumlah daerah di Indonesia dalam perjalanan pilkada selama beberapa tahun silam, banyak yang berlanjut pada memanasnya hubungan masyarakat hingga terjadi kontak fisik, bahkan meluas hingga menyebabkan perpecahan warga.

“Itu jangan sampai terjadi, tidak boleh dan kita tidak ingin itu terulang kembali. Semua pihak harus bersama-sama mencegahnya. Hati boleh panas tetapi kepala tetap dingin,” kata Hamdhani.

Di lain tempat, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyebut pilkada sebagai pesta demokrasi dan pestanya rakyat, maka dari itu harus menggembirakan.

“Yang namanya pikada itukan pesta demokrasi, pestanya rakyat. Yang namanya pesta ya harus gembira dan menggembirakan, tidak ada paksaan atau desakan tertentu kepada rakyat dalam hal menentukan siapa yang dipilih,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat selektif dan kritis memilih pemimpin. Dalam arti mengenali visi misi para kandidat dan diyakini memiliki kemampuan dalam membangun daerah. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru