Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penerima ASPDB Hanya Untuk Penyandang Disabilitas Berat

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 08 Februari 2018 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun-Penerima Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) menerima dana dari pemerintah pusat sebesar Rp300 ribu untuk per orang per bulan. Disabilitas Berat yakni orang yang sudah tidak berdaya lagi dan perlu bantuan orang untuk merawatnya.

"Untuk penerima ASPDB yang ada di Kotawaringin Barat berjumlah 25 orang, dana tersebut diberi seumur hidup. Selain itu kami ada program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas yang sudah memiliki usaha dan dibantu usahanya dengan diberikan barang bukan uang," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat Gusti M Nur Aini kepada Borneonews di ruang kerjanya, Kamis (8/2/2018).

Aini menambahkan program UEP itu bertujuan untuk mengembangkan kegiatan dan kesempatan berusaha  berbasis potensi. Bantuan tersebut untuk mereka membuat usaha mereka tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.

Di tempat terpisah Staf Rehabilitasi Sosial Cut Kemala Sari memberikan tanggapan soal program-program apa saja yang di peruntukan untuk penyandang disabilitas. Salah satu program yang dia sampaikan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK).

"Program ini di Tahun 2018 akan dilaksanakan di Pangkalan Lada dan targetnya itu mendata 25 orang penyandang disabilitas, tahun kemaren kita sudah melakukan program tersebut di Kotawaringin Lama dan mendata 36 orang penyandang disabilitas," kata Staf Rehabilitasi Sosial Cut Kemala Sari.

"Mereka dalam melaksanakan tersebut akan kerja sama denga puskesmas, kelurahan dan kecamatan dalam rangka mendata penyandang disabilitas tersebut. Apakah mereka berhak untuk mendapatkan bantuan tersebut," kata dia. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru