Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Kotawaringin Timur Ada 90 Desa yang Masuk Kawasan Hutan 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Februari 2018 - 01:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sanggul Lumban Gaol mengatakan, masih ada 90 desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang 75% masuk dalam kawasan hutan. 

"Ada 90 desa yang rata-rata 75% masuk dalam kawasan hutan, sehingga sangat sulit berkembang," ujar Sanggul, Kamis (8/2/2018). 

Akibat masuk dalam status kawasan hutan tersebut, membuat masyarakat dan pemerintah daerah tidak bisa melakukan pembangunan fisik karena melanggar aturan jika status kawasannya belum diubah.

Namun pada 2018 ini, Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapatkan alokasi program TORA seluas 887,972,02 hektare yang dilaksanakan di 13 kabupaten dan satu kota. Di mana hal itu akan dilakukan secara bergantian pada 2018 dan 2019 mendatang.

Untuk Kotim sendiri mendapat alokasi terbesar dengan luas 195.553,80 hektare yang dilaksanakan tahun 2018 ini juga. 

"Maka kami meminta kepada pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa membantu proses administrasi, khususnya pendataan di lapangan. Karena kita hanya diberi waktu hingga satu bulan untuk melakukan inventarisasi dan menyampaikan usulan serta proses administrasinya," terang Sanggul. 

Sementara, terkait masalah teknis seperti pemetaan, pemerintah desa bisa mencari tenaga ahli menggunakan dana desa karena memang diperbolehkan.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar koordinasi juga harus ditingkatkan, karena waktu yang tersedia untuk prosesnya cukup singkat yakni satu bulan. 

"Mudah-mudahan dengan adanya hal ini, kebutuhan dannjuga pembangunan di wilayah pedesaan dapat berkembang cepat," harap Sanggul. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru