Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2.935 KPM di Barito Utara Bakal Terima Bantuan Program Keluarga Harapan

  • Oleh Ramadani
  • 09 Februari 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pada tahun ini pemerintah akan menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 2.935 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Barito Utara.

Plt Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara Eveready Noor, mengungkapkan bahwa 2.935 KPM tersebut tersebar di sembilan kecamatan dengan total bantuan sebesar Rp5,87 miliar.

“Setiap KPM akan mendapatkan Rp2 juta per tahun yang disalurkan melalui rekening masing-masing penerima PKH,” ujer Eveready Noor, Jumat (9/2/2018).

Pada tahun lalu, sambung dia, penerima bantuan PKH di Barito Utara hanya 1.575 KPM yang tersebar di tujuh kecamatan. Namun, tahun ini ada penambahan di dua kecamatan yakni Lahei dan Lahei Barat dengan total penerima 1.360 KPM.

“Untuk PKH pada 2017 ada yang tidak tersalurkan lantaran penerima meninggal dunia, di luar kota, pindah tempat tinggal, tidak lengka administrasi, dan lainnya, sebanyak 55 KPM dengan total anggaran Rp96,22 juta. Ini akan dikembalikan ke negara,” ucap mantan camat Teweh Tengah ini.

Ia menyebutkan, bantuan PKH dapat berupa uang, barang, atau jas kepada keluarga, kelompok, atau masyarakat miskin, tidak mampu, atau rentan terhadap resiko sosial. Dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

“Sasaran PKH merupakan keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu prgram penanganan fakir miskin yang memiliki komponen kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial,” pungkasnya.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru