Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Kotawaringin Barat: Pendidikan Karakter Harus Digalahkan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 09 Februari 2018 - 23:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua DPRD Kotawaringi Barat, Triyanto menyarankan pendidikan karakter harus digalahkan kepada semua perserta didik.

Dia mengharapkan banyaknya kasus kekerasan terhadap guru yang dilakukan anak didik dibeberapa daerah jangan sampai terulang lagi.

"Suksesnya orangtua atau guru berhasil mendidik anaknya bukan hanya diukur dari kepintarannya saja, tapi juga harus mempunyai budi pekerti yang baik," katanya, Jumat (9/2/2018).

Triyanto mengatakan adanya kasus kekerasan di dunai pendidikan yang sering terjadi harus menjadi acuan oleh para guru untuk mendidik karakter perserta didik sejak dini.

Maka dari itu perlu dan pentingnya memberikan ilmu tentang budi pekerti. Guru juga harus harus menjadi pribadi yang baik karena guru digugu dan ditiru.

Dia juga mengatakan guru merupakan panutan yang harus dihormati oleh perserta didik itu karena mereka merupakan orangtua kedua di lingkungan sekolah.

Selain itu tujuan pendidikan karakter untuk membentuk generasi yang memiliki moral dan berakhlak mulia.

"Untuk mendapat pintar sudah banyak media yang dapat memberikan ilmu pembelajaran. Tapi untuk menjadi pribadi yang baik di butuhkan panutan dan didikan ilmu budi pekerti dan ilmu agama. Untuk itu saya mengimbaukan agar pendidikan karakter harus ditingkatkan agar perserta didik ke depannya menjadi pribadi yang bisa jadi panutan bagi anak-anak mereka," ucapnya

Menurutnya pendidikan karakter bukan hanya dilakukan di sekolah saja, tapi di rumah.

Orangtua sebagai pedoman bagi anaknya harus memberi contoh untuk anaknya agar bersikap santun dan sopan dimanapun dia berada. (HARDI)

Berita Terbaru