Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Andalan Kotawaringin Timur Harus Digerakan Untuk Hidupkan UMKM dan Usaha Kreatif

  • Oleh Naco
  • 10 Februari 2018 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur didorong untuk menguatkan sektor andalan agar dapat dikembangkan oleh masyarakat, baik itu yang bergerak disektor UMKM atau usaha kreatif lainnya.

"Saat ini di Kotim belum ada sektor andalan, setiap saat selalu naik turun, hari ini bagus usaha dibidang property misalnya, ramai-ramai dikembangkan akhirnya lesu, begitu juga sektor lain," kata Anggota DPRD Kotim, Hary Rahmad Panca Setia, Jumat (9/2/2018).

Menurut Hary Pemkab Kotim harus mampu mendukung kegiatan yang jadi andalan masyarakat, sehingga saat dikembangkan memberi hasil yang menjanjikan bagi masyarakat. Seperti pengembangan usaha kreatif melalui UMKM.

"Banyak usaha melalui UMKM dikembangkan, namun tidak ada ruang untuk memasarkannya berpengaruh kepada ekonomi masyarakat akhirnya," kata politisi Hanura tersebut.

Menurutnya banyak hasil kerajinan serta usaha masyarakat namun tidak pernah serius dikembangkan. Lantaran minimnya ruang bagi mereka untuk memasarkannya.

Sehingga di Kotim tidak ada sektor yang menjadi andalan bagi masyarakat. Hary ingin Kotim bisa belajar dengan daerah lain, agar mampu mengembangkan sektor yang bisa diarahkan kepada masyarakat.

"Selama ini untuk kebutuhan masyarakat Kotim sebagian besar didatangkan dari luar, padahal kita bisa mengembangkannya di sini," katanya.

Namun karena minimnya ruang yang diberikan Pemkab akhirnya apa yang dilakukan masyarakat jarang berkembang.

"Pemkab tugasnya tidak cukup memikirkan bagaiamanaAPBD Kotim besar, yang tidak kalah pentingnya soal ekonomi masyarakat," pungkasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru