Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Kapuas Diserbu Gerombolan Berseragam Serbahitam

  • 10 Februari 2018 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Saat 362 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kapuas tertidur lelap disertai hujan, tiba-tiba segerombolan orang berjumlah 15 orang berseragam serbahitam masuk ke dalam Rutan Kapuas di kawasan Jalan Cilik Riwut, Kota Kuala Kapuas, Sabtu (10/2/2018) dini hari.

Mereka adalah Tim Satgas Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Kalteng yang sedang merazia semua blok warga binaan. Razia mendadak itu dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalteng, Antonius.

Saat razia, dilakukan pemeriksaan dan pengeledahan secara bertahap hingga memakan waktu dua jam. Semua blok yang berjumlah 80 kamar digeledah. Beberapa barang yang dianggap berbahaya diambil dan disita oleh tim.

Usai melakukan penggeledahan sekitar dua jam, dari Blok A sampai Blok F, Tim yang dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalteng, Antonius menemukan puluhan sendok dari stainles steel, gunting, puluhan alat cukur, gelas dari kaca, gelas mug dari keramik, panci kecil dari aluminium.

Sebenarnya barang-barang itu tidak membahayakan. Tetapi warga binaan yang berada di dalam rutan  harus menggunakan sendok dari plastik, bukan dari stainless.

Kemudian tidak boleh menggunakan gelas kaca, tetapi harus menggunakan gelas plastik. Barang itu langsung disita oleh tim untuk dimusnahkan dengan cara dibakar atau ditanam dalam lubang.

Kepala Rutan Kelas IIB Kapuas, Husaini saat dimintai konfirmasi mengatakan, razia yang dilakukan oleh tim dari provinsi dilakukan secara mendadak.  

Menurutnya, saat pemeriksaan di semua blok tidak ditemukan senjata tajam atau obat terlarang. "Razia yang dilakukan dari provinsi ini dilakukan di seluruh Rutan maupun Lapas se-Kalteng," urai Husaini, Sabtu (10/2/2018).

Berita Terbaru