Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setiap Hari Ada 50 Ton Sampah di Sampit 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Februari 2018 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sampah hingga kini masih menjadi momok bagi Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Dan di Sampit sendiri setidaknya setiap hari ada 50 ton sampah yang selalu diangkut petugas kebersihan.

Hal itu karena masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan tidak pada tempatnya. 

"Dalam sehari ada 40 hingga 50 ton sampah yang dihasilkan dari masyarakat di Sampit," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sanggul Lumban Gaol, Senin (12/2/2018). 

Jumlah tersebut tidak termasuk saat akhir pekan. Karena volumenya akan semakin bertambah. Hal ini jadi perhatian DLH. Karena akan berhubungan langsung dengan kenyamanan dan kebersihan Sampit. 

Menurut Sanggul, tak jarang warga juga diabaikan keberadaan bak sampah.

"Banyak juga tumpukan sampah di samping bak sampah yang kami sediakan. Itu sangat tidak nyaman, dan akan mempersulit petugas untuk mengangkutnya," kata Sanggul. 

Selain hal tersebut, Sanggul juga sering melihat bahwa sampah dibuang seenaknya saja. Bahkan ditumpuk disembarang tempat seenaknya. Padahal di daerah tersebut tidak ada tersedia bak sampah. 

Larangan membuang sampah ditempat tersebutpun diabaikan, dan seakan hanya menjadi pajangan saja. Dan yang disalahkanpun pihak petugas, yang tidak bekerja dengan maksimal. 

"Harusnya sampah ini jangan dibuang sembarangan. Karena sudah disediakan tempat sampah di beberapa titik. Dan ini dimulai dari masyarakatnya, agar Sampit ini tetap indah, nyaman, dan tentunya bersih," kata Sanggul. 

Walaupun begitu keadaannya, namun pihak pemerintah tetap berusaha agar sampah bisa terkelola dengan baik. Bahkan mereka sudah bergerak dengan membagikan angkutan roda tiga disetiap kelurahan di Sampit.


TAGS:

Berita Terbaru