Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Masih Kekurangan 853 Guru

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Februari 2018 - 17:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) belum bisa berjalan dengan sangat baik krena masih kekurangan 853 guru. 

"Saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan ideal untuk proses belajar mengajar, karena masih kekurangan 853 guru," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kotim Bima Eka Wardana, Senin (12/2/2018). 

Saat ini untuk jumlah guru yang ada di Kotim mecapai 2.685 orang. Yang berstatus pegawai negeri sipil 2.213 orang, dan pegawai kontrak 472 orang. 

Dengan jumlah ini tentunya sangat kekurangan, apalagi melihat dari banyaknya jumlah siswa, bangunan sekolah, luasan wilayah di Kotim ini. Maka jumlah ribuan tersebut sangatlah kekurangan. 

"Inilah yang menjadi perhatian kami, dan kami akan terus berupaya untuk memenuhi kekurangan tersebut," katanya. 

Dia juga menyebutkan bahwa kekurangan guru tersebut sangat dirasakan oleh para pelajar di pedalaman karena banyak guru yang sulit untuk ditugaskan di pedalaman.

Sedangkan untuk mencari guru yang berasal dari daerah pedalaman sangat sulit, karena keterbatasan SDM. 

"Memang keberadaan guru menjadi syarat mutlak dalam pemerataan kualitas pendidikan. Dan hal itulah yang sedang diupayakan pihaknya saat ini," terangnya. 

Saat ini banyak sekolah yang ada di pedalaman sangatlah kekurangan guru. Namun pihak sekolah tetap berupaya mencari solusi untuk menutupi kekurangan tersebut dengan cara satu orang guru mengajarkan lebih dari satu mata pelajaran. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru