Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Dewan Sarankan Desa Nihan Dijadikan Kampung Wisata Durian

  • Oleh Ramadani
  • 13 Februari 2018 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Rosi Wahyuni berharap, Desa Nihan, Kecamatan Lahei Barat, bisa dijadikan kampung wisata durian.

Menurut Rosi, Nihan merupakan desa penyuplai terbesar buah durian di Kabupaten Barito Utara, khususnya untuk Kota Muara Teweh. Karenanya, tidak ada salahnya bila Pemkab Barito Utara menjadikan desa tersebut sebagai kampung wisata durian.

“Selama ini Kabupaten Barito Utara belum memiliki kampung wisata. Untuk itu diharapkan Desa Nihan ini dapat menjadi kanpung wisata pertama di Barito Utara,” ungkap Rosi, Selasa (13/2/2018).

Ia melanjutkan, adanya kampung durian akan menjadi salah satu daya tarik bagi Barito Utara sehingga dikunjungi masyarakat dari luar daerah, meski musim durian hanya satu tahun sekali.

“Keuntungan masyarakat yang datang berkunjung, di samping bisa langsung melihat pohon duriannya serta bisa ikut menunggu jatuhnya buah durian langsung dari pohonnya. Harga jual buah durian di kawasan itu tentunya bisa murah bila dibandingkan dengan harga membeli di pasar,” katanya.

Untuk mewujudkan hal itu, sambungnya, tentu perlu dukungan dan peran pemerintah kabupaten melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) serta Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan UMKM (Dinakertrans UMKM).

“Disbudparpora dan Dinakertrans UMKM bisa melakukan pembinaan terhadap masyarakat untuk menjadikan Desa Nihan sebagai kampung durian yang menarik untuk dikunjungi warga. Sebab di situ pohon-pohon duriannya sudah ada,” tuturnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru