Peduli Kanker Serviks, Bhayangkari Tes IVA di Lapas Perempuan Palangka Raya

  • Oleh Budi Yulianto
  • 13 Februari 2018 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bhayangkari Polda Kalimantan Tengah bersama Cabang Palangka Raya menggelar deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara melalui tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Palangka Raya, Selasa (13/2/2018).

"Kegiatan deteksi ini kita lakukan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke 38 Yayasan Kemala Bhayangkari," kata Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Kalimantan Tengah, Lina Anang Revandoko.

Sementara itu, istri Kapolres Palangka Raya, Yuli Timbul RK Siregar mengatakan, peserta yang dilakukan tes IVA tidak hanya dari warga binaan perempuan, tapi juga pegawai Lapas.

"Kegiatan ini diharapkan bisa mendeteksi secara dini kanker serviks. Jika ada yang ditemukan, ke depan akan kita dilakukan tindakan. Karena kita juga mendatangkan tim medis," ucap Yuli.

"Kalau stadium awal, mungkin di sini. Tapi kalau sudah stadium lanjut, akan ditangani," imbuhnya.

Kehadiran Bhayangkari disambut hangat Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Palangka Raya, Dyah Wandansari. Dia mengatakan kegiatan itu merupakan kunjungan pertama.

"Kami sangat bahagia karena sebelumnya belum pernah dilakukan tes IVA. Pemeriksaan ini sangat penting sekali sekaligus untuk mendapatkan wawasan," ucapnya. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru