Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usulan Pembangunan BTS Masuki Tahapan Survei Lokasi

  • Oleh Ramadani
  • 13 Februari 2018 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Salah satu usulan yang disampaikan masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembangunan di Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Selasa (13/2/2018), ialah pembangunan base transceiver station (BTS) atau tower telekomunikasi.

Keberadaan BTS sangat diperlukan untuk menunjang akses internet ataupun sinyal telekomunikasi di desa-desa yang berada di kawasan blank spot. 

Menanggapi usulan itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Roosmadianor mewakili Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosandi) M Iman Topik, menyampaikan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti aspirasi masyarakat dengan mengajukan lokasi blank spot/lost signal kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Pada tahapan selanjutnya Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini Dirjen BP3TI akan mengirimkan tenaga teknis yang akan menentukan titik lokasi yang akan dibangun tower/BTS. Dimohonkan nantinya kepada camat dan kepala desa kiranya dapat memfasilitasi dan pada masyarakat untuk dapat menghibahkan sebagian tanah mereka sebagai tempat berdirinya tower tersebut," ujarnya.

Meski saat ini Kementerian Kominfo memprioritaskan pembangunan tower di kawasan Indonesia bagian timur, Dinas Kominfosandi Barito Utara tetap berupaya mengusulkan pembangunan prasarana penunjang akses telekomunikasi tersebut.

“Pada saat ini tim teknis sedang melakukan pemasangan tower penguat sinyal telekomunikasi di Desa Mukut, Kecamatan Lahei sebagai pilot project. Yang mana ke depannya akan terus dipasang pada desa-desa blank spot lainnya," sebut Roosmadianor.

Sementara itu, Kepala Desa Karendan Ricy, menyampaikan kesiapan untuk mengakomodasi semua keperluan lahan dan lainnya yang berkaitan dengan pembangunan BTS.

"Kami pun selanjutnya akan siap untuk selalu berkoordinasi dengan Dinas Kominfo untuk rencana pembangunan tower tersebut ke depannya" tutur dia.

Karendan merupakan salah satu desa yang akan menjadi titik pembangunan tower/BTS yang akan mencakup desa-desa di sekitarnya.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru