Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Keluarkan Edaran mengenai Valentine, Ini Imbauannya

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 Februari 2018 - 05:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) membuat surat edaran atau imbaun bersifat penting mengenai tradisi perayaan valentine.

Surat ditujukan kepada kepala sekolah di Kalteng khususnya jenjang SMP dan SMA sederajat.

Surat tersebut dikeluarkan sehari sebelum ‘valentine day’ atau Senin, 13 Februari 2018 dan ditandatangani Plt Sekda Kalteng Fahrizal Fitri.

Imbauan agar tidak merayakan valentin ini diedarkan pada Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Pemprov Menilai, maraknya budaya barat masuk ke Indonesia sangat memengaruhi karakter generasi muda yang bertentangan dengan nilai budaya bangsa, dengan cenderung digunakan sebagai ajang pergaulan bebas.

“Cenderung digunakan sebagai ajang pergaulan bebas yang tidak sesuai dengan ajaran agama dan budaya kita, sehingga kebiasaan merayakan Valentine Day harus ditiadakan dan dihilangkan di kalangan siswa dan generasi muda,” tulis edaran bernomor 421/106/Disdik/II/2018 tersebut.

Cara menunjukkan kasih sayang kepada sesama manusia, sepatutnya tidak dibatasi waktu tertentu dan seremonial melainkan berlaku sepanjang waktu yang merupakan bagian dari kewajiban berbuat baik kepada sesama manusia sebagai bentuk ibadah.

“Kalteng memiliki kearifan lokal budaya yang sangat luhur dalam membangun hubungan yang baik dan harmonis sesama manusia antara lain dengan ‘filosofi huma betang’ dan ‘belom bahadat’sebab itu generasi muda Kalteng harus memiliki jati diri bangsa yang religius, nasionalis, gotong royong, mandiri, dan berintgritas,” terang Plt Sekda Fahrizal menekankan. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru