Resep Kandas Papui Terong Khas Dayak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Februari 2018 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Terong merupakan bahan makanan yang bisa ditemui di mana saja. Khusus untuk di Kalimantan Tengah, ada menu yang namanya Kandas Papui Terong.

Ya, bahan dasarnya ialah terong ungu sedangkan papui merupakan Bahasa Dayak dari kata Bakar.

Masakan ini sangat mudah untuk dibuat sehingga bisa dibuat kapan saja.

Hanya perlu membakar terong dan membuat bumbu kandasnya (kandas adalah sebutan masyarakat Dayak untuk masakan yang diulek-ulek).

Makanan ini paling sering dimasak saat masyarakat Dayak sedang berkebun.

Selain membuatnya cukup mudah, makanan ini juga bisa menjadi menu utama sekaligus sayur pendamping sehingga para petani cukup memasak satu jenis menu ini untuk lauk saat berisirahat makan siang di kebun. Berikut resepnya.

Bahan:

- Terong ungu 2 buah

Bumbu:

- Bawang merah 2 buah

- Cabai jika mau

- Terasi secukupnya

- Garam secukupnya

Cara memasak:

Goreng bawang merah, cabai dan terasi lalu ulek. Untuk terong, bakar bersama kulitnya di atas api kompor. Api sedang saja. Jangan takut gosong, justru jika kulit terong berubah menjadi hitam akan lebih mudah mengupasnya.

Selanjutnya, kupas kulit terong dan ulek kembali bersama bumbu tadi. Terong boleh dipotong-potong setelah dibakar atau biarkan panjang saja lalu diulek lembut bersama bumbu.

Tapi catatan untuk masakan ini, terong bakar tersebut bukannya diulek sampai halus melainkan hanya ditekan-tekan lembut agar bumbu sambalnya meresap ke dalam daging terong. Selamat mencoba. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru