Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang UNBK, Dinas Pendidikan Adakan Simulasi

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 14 Februari 2018 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kotawaringin Barat mulai mengadakan simulasi. Simulasi UNBK bagi siswa kelas IX sekolah menengah pertama (SMP) sederajat digelar mulai hari ini, Rabu (14/2/2018) hingga besok, Kamis (15/2/2018).

"Ujian Nasional Berbasis Komputer ini bertipe Semi-online. Kalau semi-online itu sekolah yang memiliki jaringan internet bagus kita arahkan ke sana," kata Operator Ujian Nasional (UN) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotawaringin Barat Arie Lesmana saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya, ada 31 SMP yang akan mengikuti UNBK tahun ini. Jumlah tersebut tersebar di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Mengenai kendala, lanjut Arie, ada beragam mulai dari pasokan listrik hingga fasilitas komputer dan jaringan internet. Namun, pihaknya berupaya meminimalis kendala tersebut.

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan membuat surat permohonan untuk menunda pemadaman listrik untuk dipindahkan di hari lain," katanya.

Sedangkan untuk sekolah yang memiliki komputer terbatas, ujian bisa dilaksanakan secara bergantian.

"UNBK ini untuk meminimalkan kecurangan seperti kunci jawaban bocor, soal tertukar, dan kesalahan cetak. Selain itu hasil ujian juga dapat diketahui dengan cepat karena menerapkan jaringan internet yang terkoneksi dengan server pusat, tidak seperti ujian yang menggunakan kertas harus dikirim lagi jadi membutuhkan waktu," ucapnya. (HARDI SARJITO/B-2)

Berita Terbaru