Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Wanita Ikuti Tes IVA di Mapolres Kapuas

  • 14 Februari 2018 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas-Inspeksi Visual Asam Asetat( IVA) merupakan pemeriksaan leher rahim pada perempuan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini kanker serviks. Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) Lina Anang Revandoko, 

Menurut Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Kapuas Ike Sachroni Anwar pihaknya prihatin dengan angka kematian perempuan akibabt kanker serviks.

"Tes IVA ini dapat mendeteksi kanker pembunuh nomor satu bagi perempuan ini," kata Ike saat ditemui Borneonews di sela-sela kegiatan Tes IVA di Mapolres Kapuas, Rabu (14/2/2018).

Ia melanjutkan kegiatan ini ternyata mendapatkan respon positif dari kaum perempuan di Kapuas. "Alhamdulillah ternyata partisipasi ibu-ibu (di Kapuas) sangat antusias, yang mau melakukan deteksi dini kanker serviks mencapai 500 orang," ungkap dia.

Ike berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa menyelamatkan kaum perempuan dari kanker serviks yang mematikan. Ia mengakui memang ada beberapa kendala umum untuk deteksi dini kanker serviks di puskesmas maupun rumah sakit.

"Kebanyakan ibu-ibu ini malu untuk periksa kesehatan leher rahim, kami bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Kapuas dan kami berharap kegiatan seperti ini bisa memberikan pemahaman pada kaum perempuan betapa berbahayanya kanker serviks," pungkas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru