Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua DPRD Kotim: Kuota Berkurang Bagi Parpol Tak Masalah

  • Oleh Naco
  • 14 Februari 2018 - 23:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD  Kotawaringin Timur, Parimus, Rabu (14/2/2018) memberikan pernyataan sedikit berbeda dengan Ketua Komisi III DPRD, Rimbun terkait kuota kursi di Dapil IV dan V yang berkurang. Menurut Parimus, hal itu bagi partai politik tidak masalah, selagi jumlah kursi masih tetap. 

Bagi Parimus kalau jumlah kursi masih tetap sebenarnya  tidak jadi masalah bagi mereka. Hanya saja masalahnya ada pada hak politik masyarakat yang diabaikan, lantaran banyak yang tak terdaftar.

Menurut Parimus keterwakilan di lembaga DPRD tentunya akan berkurang. Hal itu berpengaruh pada aspirasi di dapil yang diwakili, dan akan sulit diperjuangkan. 

Dia mengatakan, dengan semakin banyaknya wakil rakyat yang mewakili dapilnya maka aspirasi juga semakin banyak yang diperjuangkan dalam rangkat meningkatkan pembangunan di wilayah dapil masing-masing.

Dari data sementara KPU Kotim beberapa waktu lalu, keterwakilan anggota dewan di dapil IV dan V akan berkurang, itu disebabkan karena jumlah pemilihnya berkurang, meski fakta sebenarnya masyarakat di sana cukup banyak.

Sementara jumlah kursi di lembaga itu bakal tetap 40, karena dapil II dan III bertambah masing-masing satu kursi. Hal inilah yang saat ini jadi perdebatan. Apalagi banyak masyarakat di dapil IV dan V belum terdaftar.(NACO/B-11)

Berita Terbaru