Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wuwu, Alat Perangkap Ikan Khas Dayak Maanyan

  • Oleh Uriutu
  • 15 Februari 2018 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Buntok- Wuwu salah satu alat perangkap ikan khas Dayak Ma’anyan yang masih digunakan sebagian masyarakat di pedesaan Kabupaten Barito Selatan.

Pada zaman dahulu hingga sekarang wuwu atau tangkala masih diminati oleh warga untuk menangkap ikan dimusim kemarau di sungai maupun danau.

Caranya, pertama-tama dilakukan memasang tangkala tersebut diarus sungai, di kiri-kanannya ditutupi dengan daun-daun agar tidak ada jalan lain bai ikan-ikan dimaksud.

Dengan begitu, ikan-ikan akan masuk perangkap atau masuk wuwu dan tidak bisa keluar lagi. Sebab dijalan masuknya dipasang menyerupai tangkala berukuran kecil.

Menggunakan wuwu hanya bisa dipasang diarus sungai pada musim kemarau. Sebab jika memasang pada musim penghujan dipastikan tidak mendapatkan ikan.

Bahan dasar untuk membuat tangkala, cukup sederhana hanya bambu dan rotan. Cara membuatnya pun sangat mudah, pertama-tama bambu dibelah menjadi seperti bilah sepanjang satu meter (menyesuaikan seperti yang diinginkan).

Kemudian, belahan kecil bambu tersebut dibentuk menyerupai meriam dengan cara diikat dengan rotan.

Wuwu bisa dibuat dengan berbagai ukuran baik untuk menangkap ikan besar sekalipun boleh. Tergantung ukuran yang dibuat. Namun pada umumnya sering digunakan berukuran sedang. (URIUTU DJAPER/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru