Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warna Merah Imlek merupakan Simbol Kebahagiaan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 15 Februari 2018 - 17:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Warna merah pada Hari Raya Imlek menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa merupakan simbol kebahagiaan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Vihara Graha Sailendra Liani Halim saat dihubungi Borneonews melalui sambungan telepon, Kamis (15/2/2018).

"Warna merah digambarkan sebagai pengharapan di tahun baru imlek segala kesedihan dan kesusahan akan sirna digantikan dengan kebahagiaan. Selain itu, Pemberian angpao atau amplop merah diharapkan agar anak-anak bisa cepat dewasa dan mendapat keberuntungan dan rezeki yang melimpah," kata Liani.

Ia melanjutkan Warna merah bukan hanya ada di baju dan angpao saja namun juga banyak pernak pernik imlek yang menggunakan warna merah seperti lampion, kemudian Cheongsam, baju khas imlek untuk perempuan. Cheongsam juga merupakan pakaian khas wanita Tionghoa yang seringkali digunakan saat perayaan hari besar.

"Lalu ada juga Baju Changshan merupakan baju tradisional China yang digunakan oleh kaum pria. Baju ini biasanya dipakai oleh orang kaya atau orang yang disegani pada masa lalu di Tionghoa," terang dia.

Namun, lanjut dia, ada beberapa warna yang pantang digunakan saat Hari Raya Imlek, seperti warna hitam dan putih.

"Warna hitam dan warna putih merupakan simbol dukacita, kesedihan, dan keialan. Warna putih biasa dipakai pada saat upacara pemakaman, begitu juga dengan warna hitam yang memiliki arti sama dengan putih," pungkas dia. (HARDI/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru