Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minat Masyarakat di Gumas Menanam Karet masih Tinggi

  • 16 Februari 2018 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dalam beberapa tahun ini harga jual karet dari petani di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), masih belum sesuai harapan. Meski begitu, tidak mengurangi niat masyarakat di kabupaten bermoto bumi habangkalan penyang karuhei tatau untuk menanam karet.

"Memang hingga saat ini masyarakat masih tertarik untuk menanam karet ketimbang tanaman lain," kata Wani (45), salah seorang warga Kuala Kurun saat dibincangi Borneonews, Kamis (16/2/2018).

Menurut dia, perawatan tanaman karet memang tidak terlalu rumit. Di samping itu, bila memang dirawat dengan baik, dalam kurun waktu lima sampai enam tahun sudah bisa disadap dan menghasilkan.

"Walaupun sekarang harga karet masih murah, minat masyarakat menanam karet masih tinggi," cetusnya.

Warga lainnya, Rinto menuturkan, sejak dulu tanaman karet memang masih menjadi andalan masyarakat di Kabupaten Gumas. Terkait hal itu, diharapkan harga karet terus membaik, bahkan bisa di atas Rp10 ribu per kilogram.

"Bila harga beli karet dari petani lebih dari Rp10 ribu per kilogram. Maka akan banyak masyarakat beralih usaha menyadap karet dan perekonomian masyarakat didaerah ini akan membaik," katanya. (EPRA SENTOSA/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru