Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Sampah Cara Jitu untuk Bangun Kepedulian Masyarakat Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Februari 2018 - 21:38 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Rawang menekankan pentingnya keberadaan bank sampah untuk membangun kepedulian masyarakat.

Menurutnya jika ada bank sampah disetiap kelurahan atau lingkungan masyarakat akan menjadi cara jitu untuk membangun kepedulian masyarakat.

"Bank sampah adalah cara jitu agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah," kata Rawang, Jumat (16/2/2018).

Ironisnya, keberadaan bank sampah belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Coba kita lihat, hanya mereka-mereka para pemulung atau pengepul sampah saja yang memilah-milah sampah bernilai ekonomis disetiap tempah penampungan sampah. Sampah ini yang kemudian dijual pada pengampu yang mau membelinya. Coba kalau ada manajemen bank sampah dibentuk, maka masyarakat secara perlahan akan tahu manfaat ekonomis dari sampah ini," bebernya.

Ke depan diharapkan akan ada kepekaan masyarakat, setidaknya dimulai dari lingkungan RT/RW yang mulai menggagas untuk membentuk bank sampah dengan manajemen yang sederhana dengan merangkul para pengampu yang bergerak membeli hasil pemilahan sampah organik.

"Sejatinya bank sampah dapat menjadi solusi, selain lingkungan akan bersih dan nyaman. Masyarakat akan menjadi terbiasa untuk berdisiplin dalam mengelola sampah. Apalagi bisa mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru