Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas Serius Selesaikan Perebutan Wilayah Mampai

  • 17 Februari 2018 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Saat ini wilayah Mampai menjadi rebutan antara Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dan Kabupaten Kapuas. Dua kabupaten ini saling mengklaim wilayah tersebut.

Kabupaten Gunung Mas mengkalim wilayah Mampai berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Gumas. Sedangkan Kabupaten Kapuas mengklaim wilayah Mampai bersadarkan Permendagri Nomor 75 tahun 2013.

Bahkan, Kabupaten Kapuas telah menetapkan Desa Mampai Jaya di wilayah Mampai. Sementara Kabupaten Gumas menyatakan wilayah Mampai bagian dari Desa Taja Urap, Kecamatan Tewah dan penduduk di Mamapi mayoritas penduduk Kabupaten Gumas. 

Terkait hal itu, Bupati Gumas Arton S Dohong menyatakan, Pemkab Gumas sangat serius untuk menyelesaikan permasalahan di wilayah Mampai. Hal itu supaya tidak menimbulkan permasalahan yang berkepanjangan. Pasalnya, masalah yang terjadi saat ini menimbulkan keresahan masyarakat Mampai.

"Intinya kita sangat serius menyelasaikan masalah Mampai. Bahkan, saya melakukan pertemuan langsung dengan masyarakat di Mampai," kata Arton. (EPRA SENTOSA).

Berita Terbaru