Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resep Kandas Undang Khas Dayak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Februari 2018 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kandas adalah sebutan masyarakat Dayak untuk masakan yang diulek-ulek. Kandas sangat digemari masyarakat Dayak lantaran dengan membuat ini, hampir tidak perlu lagi memasak menu lainnya.

Jika biasanya masyarakat terbiasa dengan berbagai menu masakan yang terhidang di atas meja, kandas seolah dapat memenuhi semua menu makanan. Terhidang biasanya ada menu utama, sayur pendamping disertai sambal, kandas adalah perpaduan ketiganya.

Ya, menu kandas sudah mencakup sayur, lauk dan sambal. Kandas Undang (sebutan orang Dayak untuk udang) ini akan membuktikannya.

Bahan:
- Udang galah besar, atau bisa diganti dengan ikan

Bumbu:
- Bawang merah 3 buah
- Bawang putih 2 siung
- Serai yang cukup besar 1-2 batang, cuci bersih kemudian iris tipis
- Cabai sesuai selera
- Terasi sesuai selera
- Garam secukupnya
- Penyedap secukupnya

Cara memasak:
Goreng udang galah atau ikan, usahakan dagingnya jangan terlalu kering, masih banyak bagian daging yang putih. Untuk udang, buang kulitnya sementara untuk ikan, buang tulang-tulangnya, sisakan hanya dagingnya.

Goreng bawang merah, bawang putih dan terasi, letakkan di cobek. Ulek bersamaan dengan cabai dan serai yang telah diiris tipis-tipis.

Setelah itu, masukkan udang atau ikan goreng, ulek kembali bersama. Jangan terlalu menekan ikan atau udangnya, cukup ditekan lembut untuk sekadar mencampur ikan atau udang dengan bumbu ulekan.

Kini Anda sudah memiliki menu utama (udang/ikan), sayur pendamping (serai) dan sambal dalam satu cobek. Selamat mencoba. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru