Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla Mulai Berkobar, Kabut Asap Mulai Muncul di Kabupaten Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Februari 2018 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan saat ini sudah mulai muncul di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan sekitarnya.

Bahkan sejak Sabtu (17/2/2018), puluhan hektare lahan dan kebun sawit milik warga hangus terbakar sejak Senin (19/2/2018) di Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam) Km 12, Kelurahan Mendawai Seberang.

Akibatnya di Pangkalan Bun dan sekitarnya saat ini kabut asap mulai muncul, terutama pada pagi hari.

Menurut Bhabinkamtibmas Polres Kobar yang bertugas di Kelurahan  Mendawai Seberang, Bripka Nonot di sela kegiatannya memadamkan karhutla bersama rekannya dari Polres Kobar dan Manggala Agni, asal api berawal dari bagian dalam kawasan hutan yang berada di lokasi tersebut.

"Diduga api sengaja disulut dari orang yang tidak bertanggung jawab dari bagian dalam lahan. Saat angin berhembus menuju arah jalan Pangkalan Bun - Kolam, api semakin membesar dan puluhan hektare lahan terbakar," jelas Nonot.

Terpisah, Kepala Daerah Operasi III Manggala Agni Pangkalan Bun Binsar Oktavianus Togatorop menjelaskan, hingga saat ini berdasarkan laporan anggotanya di lapangan terdapat lebih dari 100 hektare lahan terbakar.

"Berdasarkan pantauan satelit Lapan, untuk di kecamatan Arut Selatan terdapat dua hotspot. Dari laporan anggota Manggala Agni yang bertugas hari ini, selain di Km 12 Jalan Pangkalan Bun - Kolam, juga terjadi karhutla di Km 32 diruas jalan yang sama," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru