Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dengan Germas Masyarakat Barito Utara Diajak Hidup Sehat

  • Oleh Ramadani
  • 19 Februari 2018 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Asisten Sekda bidang Administrasi Umum Setda Barito Utara, Fauzul Risma mengatakan dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental.

Dengan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

“Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematik dan terencana oleh semua komponen bangsa. Untuk itu Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik,” kata H Fauzul Risma, Senin (19/2/2018).

Dikatakan, Germas dimulai sejak tahun lalu dengan lima kegiatan fokus utama yaitu melakukan aktifitas fisik selama 30 menit per hari, mengkonsumsi buah dan sayur, memeriksa kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit, tidak merokok dan memberikan ASI eksklusif pada bayi berusia 0-6 bulan.

Dikatakan, sesuai Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2015 tentang Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Nol.

“Untuk itu saya menghargai dan bangga pada desa-desa yang telah berjuang seperti desa Papar Pujung Kecamatan Lahei Barat, desa Pandran Permai Kecamatan Teweh Selatan, dan desa Payang Kecamatan Gunung Purei yang telah mencapai desa BABS Nol atau tidak ada warganya yang buang air besar disembarang tempat,” katanya.

Dia mengatakan di Februari merupakan bulan pemberian vitamin A kepada balita dan diimbau agar membawa balita umur 6 bulan hingga 5 tahun ke posyandu, polides, poskesdes maupun puskesmas untuk memperoleh vitamin A secara gratis. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru