Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aba Ambo Kobar Serukan Jangan Bakar Lahan Sembarangan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 19 Februari 2018 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Aba Ambo Kotawaringin Barat (Kobar) menyerukan agar warga jangan membakar lahan sembarangan. Pasalnya, dampak negatif kabut asap bakal mengenai semua warga dan berimbas pada multisektor mulai kesehatan karena ancaman penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), transportasi dengan terhentinya penerbangan, dan pendidikan karena sekolah-sekolah diliburkan.

Hal itu disampaikan oleh Ambo Kotawaringin Barat 2017 Top 10 Ellisa Herawati saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (19/2/2018). 

"kita jangan melupakan kejadian di tahun 2015 lalu,seluruh masyarakat Pangkalan Bun dan  sekitarnya mengalami berbagai masalah, mulai dari kesehatan, sulitnya transportasi dan bahkan sampai ke perekonomian akibat kabut asap yang melanda berbulan-bulan tersebut. Saya juga berharap kejadian ini tidak terulang lagi di tahun 2018 ini," kata Ellisa.

Ellisa menambahkan membuka lahan dengan cara membakar hutan merupakan cara yang sangat tidak efektif karena akan menimbulkan banyak kerugian dari berbagai pihak. Oleh karena itu, Aba Ambo kotawaringin Barat ingin mengajak masyarakat Bumi Marunting Batu Aji untuk lebih sadar dengan lingkungan dan mengajak agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan.

Dihubungi terpisah Ketua DPRD Triyanto selaku pimpinan DPRD meminta kepada pemerintah untuk membuat pos siaga terpadu pencegahan kebakaran lahan.

"Untuk wilayah kita sudah memasuki musim panas. Saya mengimbau kepada seluruh pimpinan wilayah dan pimpinan instansi dan kesatuan di tingkat kecamatan untuk selalu menyampaikan imbauan kepada masyarakat baik secara langsung atau mengunakan media spanduk dan media lainnya agar masyarakat jangan membakar lahan, karena ini ada sanksinya," imbau dia. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru