Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wow!!! Satu Desa di Kotim ini, Bisa Panen Empat Ton Rambutan per Hari

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Februari 2018 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sedang musim rambutan. Bahkan di Desa Basirih Hulu, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, rambutan bisa dipanen hingga empat ton per harinya.

"Dalam sehari kami bisa panen sampai empat ton lebih kalau musim rambutan seperti sekarang ini," kata Kepala Desa Basirih Hulu, Kustianur, Senin (19/2/2018). 

Daerah selatan Kotim tersebut memang dikenal dengan sentra perkebunan buah-buahan. Selain padi, kelapa, dan durian, juga terkenal dengan perkebunan rambutanan. Puluhan hektare kebun masyarakat ditanami buah rambutan. 

Sehingga saat musim panen seperti sekarang ini, perkebunan rambutan di desa tersebut bisa panen hingga empat ton dalam sehari. Hal itupun membuat warga menjual langsung di tepi Jalan Sampit-Samuda. 

Para pembelipun tidak hanya datang ke lapak warga. Namun banyak pembeli yang langsung datang ke kebun mereka, untuk bisa langsung memetik dan memakannya. 

“Umumnya, pembeli yang langsung datang ke sini dan membeli dari warga. Namun sebagian  Mereka biasanya langsung memetik di pohon warga,” terang Kustianur.

Pembeli buah rambutan di Desa Basirih Hulu sebagian besar dari Kota Sampit, namun ada juga dari wilayah lain seperti KecamatanKotabesi. Para pembeli tersebut sebagian datang dengan mobil pikap dan sepeda motor. 

“Rambutan di desa kami ini jenis unggulan seperti rambutan garuda yang buahnya besar-besar,” kata Kustianur. 

Untuk rambutan garuda ini, di tingkat petani harganya sekitar Rp 6.000 per kilogram. Sedangkan kalau jenis yang lain harganya lebih murah.

Terkait itu, pihaknya berharap agar potensi perkebunan rambutan di Desa Basirih Hulu tersebut kedepannya dapat dikembangkan lagi. Misalnya dijadikan agrowisata untuk perkebunan buah-buahan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru