Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng Turunkan Tim Ungkap Pembalakan Liar di Kapuas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 Februari 2018 - 05:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Polda Kalteng menurunkan tim untuk mengungkap kasus pembalakan liar (illegal logging) yang terjadi di kawasan Sungai Mantangai, Kabupaten Kapuas.

"Tim sudah berangkat. Jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan," kata Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu, Senin (19/2/2018).

Pambudi menuturkan, jika nantinya ditemukan ada illegal logging pihaknya akan menindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Turunnya tim ini sebagai respon cepat setelah Borneo Orangutan Survival Fundation (BOS) Mawas membeberkan ke awak media bahwa di kawasan setempat marak terjadi pembalakan liar.

"Yang jelas akan ditindaklanjuti baik dari Polda maupun Polres. Jadi sekecil apapun informasi yang diterima baik melalui pemberitaan maupun masyarakat akan ditindaklanjuti," tutur Pambudi.

Sebelumnya, Manajer BOS Mawas, Jhanson Regalino mengatakan telah menemukan data bahwa ada ribuan balok kayu keluar dari Sungai Mantangai.

Kayu itu diduga berasal dari kawasan hutan lindung.

"Salah satu aktivitas kami adalah memonitoring hutan lindung, dan beberapa bulan ini terdapat illegal logging yang cukup tinggi. Kami menemukan 5.000-6.000 balok kayu di pinggiran Sungai Mantangai," ujarnya, Kamis (15/2/2018). (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru