Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Gunung Mas Ingatkan Pentingnya Vitamin A untuk Balita

  • 20 Februari 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Maria Efianti menyampaikan, Februari 2018 merupakan bulan vitamin A. Terkait itu, orangtua diminta membawa balita ke Posyandu untuk mendapat vitamin A secara gratis.

“Bulan vitamin A rutin dilakukan setiap Februari dan Agustus. Kami ingatkan kepada masyarakat yang memiliki balita usia 6 - 59 bulan agar membawa anaknya ke Posyandu atau Puskesmas untuk mendapat vitamin A,” ujar Maria, Senin (19/2/2018) malam.

Vitamin A yang diberikan kepada balita ada dua jenis, yakni kapsul berwarna biru dan merah. Kapsul biru diberikan kepada bayu usia 6 - 11 bulan. Sedangkan kapsul merah untuk balita usia 12-59 bulan.

Vitamin A juga bersumber dari air susu ibu (ASI), bahan makanan hewani seperti hati, kuning telur, ikan, daging, ayam, dari buah-buahan berwarna kuning dan jingga seperti pepaya, jambu biji merah, dan pisang. Lalu dari sayuran berwarna hijau tua atau jingga seperti bayam, kangkung, tomat, wortel, atau dari margarine dan susu.

Maria menyamlaikan, Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mempercepat penyembuhan diare, campak, atau infeksi lainnya. 

“Kami juga melakukan upaya jemput bola dengan datang ke PAUD untuk memberikan vitamin A," terang dia. (EPRA SENTOSA/B-11)

Berita Terbaru