Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Prediksi Hujan Bakal Turun di Kobar, Sukamara dan Lamandau

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Februari 2018 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Upaya TNI AD dari Kodim 1014 Pangkalan Bun Kabupaten Kotaearingin Barat (Kobar) bersama masyarakat yang menggelar Sholat Istisqo di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam), Selasa (20/2/2018) diijabah oleh Allah SWT.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun, di Desa Kubu, Kecamatan Kumai sudah mulai turun hujan.

Prakirawan Cuaca BMKG Pangkalan Bun Rangga Setya Pratama kepada Borneonews, menjelaskan, prakiraan cuaca di Pangkalan Bun dan sekitarnya beberapa hari ke depan.

"Berdasarkan pantauan satelit, terdapat tekanan rendah di Samudera Hindia Selatan NTT dan Laut Sulu Timur Laut Kalimantan Utara. Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Aceh l. Sedangkan angin di wilayah Indonesiq umumnya di dominasi angin Daratan," jelas Rangga.

Ia menjelaskan, daerah yang menjadi lokasi pertemuan angin terpantau berada di Sumatera Barat, Bengkulu. Sumatera Selatan, Lampung, Pesisir utara Jawa. Laut Flores dan Samudera Hindia Tenggara NTT," jelas Rangga.

Kondisi tersebut memengaruhi terjadinya hujan di beberapa wilayah. "Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Jambi, Bengkulu. Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat. Jawa Tengah. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat Kalimantan Tengah, Kalnmntan Selatan: NIT, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara. Sulawesi Selatan, Maluku Papua Barat dan Papua," jelas Rangga.

Sedangkan untuk di Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara untuk tanggal 19 - 22 Februari kondisi cuaca diprediksi berawan para pagi hari dan berpotensi hujan ringan dan sedang pada sore hari.

Sedangkan kondisi cuaca di tiga kabupaten tersebut untuk tanggal 23 hingga 25 Februari diprediksi berawan, hujan ringan dan berpotensi hujan sedang dan deras pada sore hari. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru