Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Pantomim Tingkat SD Picu Gelak Tawa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Februari 2018 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diisi dengan salah satu lomba pantomim, Selasa (20/2/2018). Perlombaan itu memancing gelak tawa penonton.

Masing-masing peserta menampilkan keahlian mereka dalam pertunjukan pantomim. Dengan berbagai macam konsep ditampilkan untuk memikat hati para juri. 

Gaya dan make up yang sangat kocak dan mengundang tawa. Karena tidak sedikit tampikan mereka yang sangat lucu, baik itu dari segi warna dan juga model lukisan di wajah mereka.  

Mereka yang tampil dengan diiringi musik yang menggambarkan latar dan juga konsep pertunjukan membuat para penonton makin terhibur. Ada beberapa peserta yang memang tampil bagus, dan ada yang sedikit gagal hingga mengundang tawa.  

Perlombaan tersebut sendiri dilaksanakan di Sekterariat PGRI Kotim, Jalan Ahmad Yani. Adapun pesertanya 13 murid dari 13 sekolah dasar.

Koordinator Lomba Pantomim, Nazur Iman Dalastiawara mengatakan,   peserta yang mengikuti lomba pantomim tersebut sebetulnya memiliki potensi yang bagus.

“Kriteria penilaian dalam lomba pantomim ini antara lain konsep atau ide kreatif dan pengembangan gagasan. Kemudian gerak yaitu teknik dan harmonisasi. Selanjutnya ekspresi yaitu imajinasi dan mimik wajah. Kemudian penampilan yaitu kostum dan make up. Terakhir wawasan yaitu penjelasan dan ilmu pengetahuan,” ujar Nazur Iman.

Pantomim sendiri merupakan seni pertunjukan yang memvisualisasikan suatu objek atau benda tanpa menggunakan kata-kata, namun menggunakan gerakan tubuh dan mimik wajah.

Pantomim memvisualisasikan rasa dengan gerakan tubuh dan mimiknya. Pantomim merupakan pertunjukan yang tidak menggunakan bahasa verbal. Istilah pantomim berasal dari bahasa Yunani yang artinya serba isyarat.

Dalam lomba pantomim tersebut, tampil sebagai juara pertama adalah perwakilan dari SDIT Arafah, kemudan juara kedua perwakilan dari SDI Baiturahim dan peringkat ketiga diraih perwakilan SDN 10 Mentawa Baru Hulu. Juara pertama dalam lomba ini nantinya akan mewakili Kecamatan MB Ketapang dalam lomba pantomim FL2SN tingkat Kabupaten Kotim. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru