Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Harus Proaktif Padamkan Kebakaran

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 20 Februari 2018 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun-Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) harus proaktif ikut memadamkan kebakaran lahan apabila terjadi di dekat lingkungannya.

Hal itu ditegaskan Kepala Satpol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni saat menghadiri rapat darurat kebakaran lahan di Aula Kantor Pemkab Kobar, Selasa (20/2/2018).

"Kita memang garda depan dalam menghadapi kebakaran, karena masyarakat itu tahunya kalau ada kebakaran lapor ke Damkar. Namun, saya harap masyarakat juga proaktif, harus ikut membantu memadamkan api jika terjadi kebakaran di sekitar lingkungannya, jangan hanya jadi penonton," tegas Majerum.

Ia melanjutkan berdasarkan pengalaman anggotanya saat memadamkan kebakaran di pemukiman warga, saat terjadi kebakaran memang warga banyak datang ke lokasi. Namun bukan untuk membantu memadamkan api tetap hanya berkumpul dan melihat kebakaran itu layaknya tontonan.

"Padahal mereka bisa saja membantu pemadam kebakaran dengan ikut serta memadamkan api. Sebagai mitra pemadam kebakaran masyarakat harus mengambil langkah untuk mencegah api tersebut tidak meluas," imbuh dia.

Menurut Majerum, kebakaran bisa meluas karena masyarakat yang ada di wilayah tersebut kurang tanggap menghadapi kebakaran. Apabila masyarakat tanggap mungkin saja kebakaran di rumah tersebut bisa dipadamkan. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru