Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penambangan Tanpa Izin Sebabkan Air Sungai Katingan Keruh

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Februari 2018 - 22:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah petani keramba di Kasongan menduga keruhnya air Sungai Katingan karena akibat aktivitas penambangan tanpa izin (Peti).

"Informasinya penyebab air Sungai Katingan yang sejak beberapa tahun terakhir ini keruh karena adanya aktifitas penambangan tanpa izin di bagian hulu atau atas sana," sebut Amat salah seorang petani keramba ikan di Kasongan, Selasa (20/2/2018).

Amat mengaku gara-gara air Sungai Katingan keruh terutama pada saat surut menyebabkan tidak sedikit ikan keramba miliknya mati.

Biasanya saat air keruh, ikan yang mati itu tidak hanya yang masih kecil, namun juga ikan yang sudah siap panen juga bisa mati.

"Biasanya untuk mencegah agar ikan tidak mati saat air Sungai Katingan surut kita taburkan garam dapur di dalam keramba, sebab garam infonya bisa menetralisir kekeruhan di air," katanya.

Sementara menurut Iwan, pemilik keramba ikan lain di Kasongan juga mengaku akibat air sungai keruh ikan keramba miliknya tidak jarang mati.

"Sepertinya sulit untuk mengembalikan kondisi air Sungai Katingan itu jernih lagi seperti beberapa tahun lalu, tapi tidak menutup kemungkinan itu bisa terjadi asal tidak ada lagi kegiatan penambangan emas ilegal di Sungai Katingan ini," katanya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru