Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Dapat Alokasi TORA Seluas 160 Ribu Hektare

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 Februari 2018 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan- Pemerintah Kabupaten Katingan menggelar Sosialisasi Program Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA) di ruang rapat kantor bupati, Rabu (21/2/2018).

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Katingan Suhaemi, menuturkan bahwa informasi awal yang pernah disampaikan Balai Pemantapan Kawasan Unit XVII pada awal Januari 2018 lalu, dari target TORA yang dicanangkan seluas 4,1 juta hektare se-Indonesia, Kalimantan mendapatkan alokasi kurang lebih 900 ribu hektare.

"Dan Kabupaten Katingan sesuai indikatif TORA yang disampaikan, mendapat alokasi lahan seluas kurang lebih 160 ribu hektare," ujar Suhaemi.

Namun, lanjut dia, dari bahan sosialisasi yang disampaikan mendapat luas kurang lebih 88 ribu hektare dan kesempatan ini mendapatkan dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

TORA dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dengan mengedepankan peran mereka, termasuk masyarakat hukum adat. Hal itu menjadi sangat penting dan utama, khususnya dalam penggunaan lahan yang berbasis skema bisnis kehutanan yang meliputi hutan rakyat, hutan adat, dan lainnya.

"Selain itu, kami Pemkab Katingan juga telah mencadangkan kawasan-kawasan strategis daerah, di antaranya kawasan kota metropolitan, kawasan bandara internasional, dan kawasan industri," kata Suhaemi. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru