Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Usul Kawasan Strategis Daerah Masuk Program TORA

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 Februari 2018 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan mengusulkan agar kawasan strategis yang selama ini dicadangkan supaya masuk dalam program Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA).

Usulan itu mengemuka dalam Sosialisasi Program TORA di ruang rapat kantor bupati, Rabu (21/2/2018).

Program TORA dinilai sebagai upaya atau langkah dari pemerintah kabupaten menyikapi program kerja Presiden Joko Widodo untuk melepaskan 4,1 juta hektare lahan bagi masyarakat di sekitar areal lahan.

Hal ini sesuai program pemerintah, baik untuk menyiapkan lahan untuk transmigrasi, lahan pangan, serta kepentingan strategis dan kepentingan pemerintah kabupaten.

Menurut Pjs Bupati Katingan Suhaemi, pemkab sejauh ini telah mencadangkan kawasan strategis daerah, meliputi kota metropolitan, bandara internasional, dan pusat perfilman Asia.

Selanjutnya, kawasan industri, rencana Pelabuhan Laut Batu Mandi, kawasan cadangan pangan atau cetak sawah, kawasan bioenergi, dan rencana jalan umum kabupaten.

Selanjutnya ruang terbuka hijau, kawasan pusat pengembangan keagamaan, rencana rumah sakit pratama di Tumbang Samba, pencadangan perluasan lokasi UPT Transmigrasi Hiyang Bana, dan kawasan pengembangan permukiman serta kawasan lainnya yang sudah disusun fesiability study (FS) maupun kajian teknisnya oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan Katingan.

"Kami harapkan kawasan-kawasan ini bila memungkinkan dapat masuk dalam program TORA agar pembangunan sarana ini tidak menimbulkan permasalahan terhadap penggunaan kawasan hutan," kata Pjs Bupati Suhaemi.(ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru