Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Emiten Sawit Bakal Berkinerja Apik Hingga Akhir Tahun 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 21 Februari 2018 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hingga akhir tahun, emiten perkebunan sawit akan mencatat kinerja apik berkat dukungan faktor cuaca dan harga yang stabil.

"Tahun ini diprediksi para emiten CPO masih bisa mencapai kinerja yang positif. Masih adanya sentimen positif untuk sektor ini membuat keyakinan investor karena sektor ini masih bisa menjaga kinerja menawannya," kata analis NH Korindo Sekuritas, Joni Wintarja, dalam risetnya.

Namun, sepertinya pertumbuhannya tidak akan setinggi pada tahun lalu. Pasalnya, belum adanya katalis yang bisa mendongkrak kinerja emiten CPO sebesar tahun lalu.

"Harga CPO saat ini sudah cukup tinggi. Produksi kelapa sawit para emiten ini sudah kembali normal sehingga sulit menandingi pertumbuhan pendapatan tahun lalu," papar Joni.

Kemungkinan harga CPO untuk menanjak naik hingga akhir tahun masih jadi tanda tanya, lantaran belum adanya katalis yang bisa mendukung pergerakan naik komoditas ini.

Terkait sentimen pemboikotan produk CPO dari Eropa, Joni melihat hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh pada kinerja para emiten CPO.

"Permintaan dari dalam negeri masih cukup bagus karena penggunaan minyak kelapa sawit yang besar, sehingga meskipun ada boikot dari Eropa, hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kinerja emiten CPO dalam negeri," ujar Joni.

Berita Terbaru