Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kependudukan Kotawaringin Barat Tunggu Data Semester II dari Pusat

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 22 Februari 2018 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotawaringin Barat (Kobar) masih menunggu data semester II dari Pusat yang rencananya akan rilis di Februari ini.

"Data semesteran penduduk itu keluar di dua semester seperti semester pertama keluarnya di Juli dan semester dua keluarnya di Februari," kata Kepala Disdukcapil Kobar Agus Suparji, Kamis (22/2/2018).

Data semester menjadi otorisasi Pemerintah Pusat untuk menentukan penduduk di suatu daerah dalam semester yang bersangkutan berpindah ke tempat lain atau tidak.

Untuk menentukan jumlah penduduk dari waktu ke waktu itu akan ditentukan oleh laporan data konsolidasi bersih yang akan dikeluarkan Ditjen Dukcapil Pusat.

"Data tersebut yang akan kita sampaikan ke instansi terkait jumlah penduduk pada semester yang bersangkutan. Data tersebut akan digunakan untuk perencanaan, pemilu, penegakan hukum dan lainnya," imbuh Agus.

Hal tersebut diatur pada Pasal 58 ayat 4 Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang Tertib Administrasi Kependudukan.

Hingga saat ini Disdukcapil tetap menunggu kabar dari Pusat terkait semester II tersebut. Data semesteran tersebut dapat dilihat di internet dengan membuka situs http://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/peta/. (HARDI/B-5)

Berita Terbaru