Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diimbau Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan  

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Februari 2018 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah lokasi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah terjadi kebakaran lahan. Kondisi ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meminta masyarakat selalu waspada dengan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

"Kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada terjadinya Karhutla, walaupun saat ini masih terjadi hujan di Kotim," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kotim Sutoyo, Kamis (22/2/2018). 

Saat ini di Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah menaikkan status siaga bencana kebakaran lahan. Bahkan di empat kabupaten di Kalteng juga menaikkan statusnya karena sudah terjadi karhutla. 

Dengan adanya hal tersebut hal itupun membuat  Kotim juga patut waspada. Apalagi di daerah ini memiliki sejumlah tempat yang berpotensi terjadinya karhan tersebut. 

"Untuk sementara kami masih melakukan pemantauan. Dan beberapa hari lalu juga terpantau satu titik panas. Namun hingga saat ini kebakaran lahan yang terjadi tidak banyak. Dan sudah bisa ditangani dengan cepat," terang Sutoyo. 

Beberapa hari lalu terjadi kebakaran lahan di Lingkar Utara, jalan menuju Desa Kandan, Kecamatan Kota Besi. Dan juga di Jalan Pelita Barat, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Namun di dua lokasi tersebut berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dari berbagai instansi yakni Damkar, BPBD, dan juga TNI serta Polri. 

Suyoyo mengimbau agar masyarakat selalu memperhatikan dan juga menjaga agar tidak melakukan pembakaran terhadap lahan mereka. Karena hal tersebut berdampak luas terhadap bencana kabut asap nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru