Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

340 Warga Baamang Terima Bantuan Tunai

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Februari 2018 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam rangka menangani kemiskinan di Baamang, Sampit, Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan tunai terhadap 340 warga, Kamis (22/2/2018). 

"Ada 340 warga kami yang dapat bantuan tunai pada tahap pertama di 2018 ini. Dan saya sangat bersyukur dan mudah-mudahan bantuan tersebut dimanfaatkan sebagaimana mestinya," ujar Camat Baamang Yusransyah.

340 warga yang menerima bantuan tersebut sudah masuk dalam peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan untuk tahap selanjutnya akan ada lagi peserta KPM yang menerim bantuan sebanyak 1.417 orang. 

"Penyaluran bantuan tersebut dilakukan melalui salah satu Bank Plat Merah yang ada di Kotim, dan sudah disalurkan kepada penerima," kata Yusransyah. 

Sementara, bagi warga yang menerima bantuan tersebut harus memenuhi kewajibannya sebagai peserta KPM. Dimana mereka wajib mengontrol kesehatan ke Puskesmas atau rumah sakit. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut upaya promotif dan preventif. 

Tidak hanya itu, bagi ibu hamil juga wajib memeriksa kandungannya dan bagi yang memiliki anak usia sekolah, wajib selalu memantau anaknya untuk hadir di sekolah, minimal 85% kehadiran. 

"Jika keluarga penerima KPM tidak mentaati aturan tersebut, maka akan dikenakan sanksi, yaitu pemotongan bantuan sampai dengan pencoretan dari daftar nama penerima," kata Yusransyah. 

Sementara, Titi (49) salah satu peserta KPM merasa bahagia dengan adanya program pemerintah tersebut. Dia sebagai warga Indonesia merasa diakui keberadaannya sebagai warga negara. 

"Dari segi ekonomi kami benar-benar merasa terbantu, kami pun juga mendapatkan bimbingan setiap satu bulan sekali melalui pertemuan kelompok," ungkap Titi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru