Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seminar Inkindo Diharap Beri Rumusan Alternatif Teknis Penanggulangan Karhutla

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 22 Februari 2018 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Seminar nasional (Semnas) yang digagas Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Regional Kalimantan di Kota Palangka Raya diharapkan mampu memberikan rumusan alternatif teknis terkait penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Kalimantan yang banyak berkawasan gambut ini.

Demikian ditandaskan Ketua Dewan pengurus Provinsi (DPP) INKINDO Kalimantan Tengah (Kalteng), Alfian Batnakanti saat pembukaan Semnas di Palangka Raya, Kamis (22/2/2018) tersebut.

"Semnas ini bertujuan mengkaji dari berbagai aspek oleh berbagai nara sumber berkompeten berbagai bidang, diharapkan merumuskan alternatif teknis penanggulangan Karhutla yang mudah, murah, efektif, dan terpadu," kata Alfian.

Semnas bertema 'Penanggulangan Karhutla dan Bencana Asap di Kalimantan Melalui Optimalisasi Pembangunan Infrastruktur' ini dibuka Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan ditutup Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada petang nanti.

Alfian juga menandaskan, INKINDO melihat pada sisi teknis pembangunan infrastruktur dimana hal ini akan menjadi kontribusi pihaknya terutama dalam hal penyusunan pedoman teknis masterplan pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Mengkaji dan merumuskan kontribusi dan integrasi pembangunan infrastruktur sebagai salah satu upaya pencegahan dan pengendalian Karhutla, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terutama pelaku usaha jasa konstruksi secara optimal," sambungnya.

Kegiatan Semnas ini merupakan Kerjasama Lintas Inkindo Kalimantan (KLIK), baik Inkindo Kalteng, Inkindo Kalbar, Inkindo Kalse, Inkindo Kaltim, dan Inkindo Kaltara dengan DPP Inkindo. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru