Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luas Lahan Sawit RI Naik Menjadi 14,03 Juta Hektare 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 22 Februari 2018 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan, luasan lahan sawit Indonesia saat ini mencapai 14,03 juta hektare.

"Angka 14,03 juta hektare ini didapat setelah dilakukannya perbaikan data luasan lahan sawit di Indonesia. Sebelumnya, Indonesia tercatat hanya memiliki 11,9 juta hektare lahan sawit," kata Direktur Jenderal Perkebunan Kementan, Bambang, kepada pers di Jakarta, Kamis (22/2).

Dari luasan tersebut, menurut Bambang, sebanyak lima juta hektare tercatat sebagai lahan sawit yang dikelola oleh rakyat.

"Kami berharap, ke depannya produktivitas lahan sawit baik milik rakyat juga korporasi bisa meningkat dari saat ini rata-rata sebesar 3,5 ton CPO per hektare untuk sawit milik korporasi dan rata-rata 1 ton hingga 2 ton CPO untuk petani. Diharapkan, angka produksi rata-rata ini bisa meningkat menjadi 8 ton sampai dengan 10 ton setara CPO per hektare," papar dia.

Untuk itu, lanjut Bambang, pihaknya meminta dukungan dari berbagai pihak terkait demi meningkatkan dan memperbaiki produksi sawit dalam negeri. Salah satu cara yang sedang ditempuh adalah replanting.

"Pemerintah berencana meremajakan 185.000 kebun kelapa sawit rakyat melalui pengucuran dana sawit sebesar Rp25 juta per hektare," ujar Bambang. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru