Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UTD PMI Kotim Masih Gunakan Peralatan Jadul

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Februari 2018 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) hingga saat ini masih menggunakan peralatan jadul atau teknologi yang tidak canggih.  

"Kami hanya menggunakan peralatan jadul atau lama, yang konvensional," ujar Kepala UTD PMI Kotim Yuendri Irawanto, Kamis (22/2/2018).

Kondisi peralatan yang dimiliki saat ini rata-rata sudah tua. Terutama alat pengolahan darah yang hanya pakai jepit, lalu didiamkan hingga darah mengendap. Setelah itu baru dialirkan lagi ke kantong lainnya. 

Seharusnya saat ini alat tersebut sudah tidak digunakan lagi. Sebab, sudah tersedia alat yang lebih canggih dan hasilnya terjamin. Sehingga efektivitas pengerjaan juga lebih cepat, dan kebutuhan darah bagi pasien bisa lebih terlayani. 

"Sudah kami pesan dengan cara kredit, dan untuk pembayaranya nanti kami cari dari berbagai sumber," kata Yuendri.

Alat tersebut sangat bagus fungsinya. Terutama dalam pemeriksaan darah, baik itu dari penyakit menular dan lainnya. Sehingga hasil yang didapatkan lebih akurat. 

"Alat tersebut juga dapat memisah komponen darah sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, setiap kantong darah dapat digunakan sesuai kebutuhan pasien," terang Yuendri. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Keterangan foto : Kepala UTD PMI Kotim Dr Yuendri saat menunjukan mesin pengolahan darah di PMI Kotim kepada Sekda Kotim Halikinnor. 

Area lampiran

Berita Terbaru