Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Seruyan Minta Kinerja Penyuluh Pertanian Ditingkatkan

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 23 Februari 2018 - 07:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Guna meningkatkan produktivitas di bidang pertanian peranan tenaga penyuluh turut andil dalam hal tersebut. Karenanya kinerja penyuluh harus terus ditingkatkan.

Begitu pesan Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Haryono menyampaikan wejangannya terhadap para tenaga penyuluh dalam suatu kegiatan di Kuala Pembuang.

"Kinerja para penyuluh pertanian harus dapat lebih ditingkatkan lagi serta para penyuluh juga harus dibekali dengan ilmu pengetahuan mengenai pertanian yang banyak sehingga penyuluh pertanian bisa menjadi panutan yang baik bagi petani," kata Sekda.

Sekda menjelaskan, saat ini pemerintah darah sedang giat meningkatkan produksi pertanian sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

Makanya, para penyuluh bisa lebih betul betul dalam menjalankan tugasnya dengan baik. Terutama terkait dengan meningkatkan kinerja, jadi para penyuluh harus diberi pengetahuan lebih mengenai pertanian.

Kemudian yang dimaksud kinerja itu banyak, terutama kinerja dalam menghadapi para petani untuk memberikan pengetahuan mengenai cara tanam maupun cara membasmi hama.

"Hal-hal itu harus dikuasai semua oleh para penyuluh pertanian," terangnya.

Sekda menambahkan, selama ini keluhan masyarakat Seruyan adalah hama yang sering mengganggu lahan tani warga, sehingga paling tidak para penyuluh harus dibekali mengenai cara membasmi hama, cara tanam, cara mengetahui tekstur tanah serta cara budidaya pertanian secara keseluruhan.

"Jangan sampai pengetahuan para penyuluh kalah dengan para petani bila seperti itu para penyuluh akan nganggur nanti," katanya. (FREDDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru