Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hadapi Karhutla, Gubernur Kalteng Tekankan Pendekatan Ini kepada Konsultan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 Februari 2018 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menyambut baik seminar nasional (Semnas) Penanggulangan Kebakaran Hutan, Lahan (Karhutla) dan Bencana Asap di Kalteng 2018, namun ia menekankan beberapa penekanan kepada asosiasi konsultan.

Hal ini disampaikan Sugianto saat membuka Semnas yang diprakarsai Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO), Kamis (22/2/2018) di  Swissbell Hotel Danum Palangka Raya.

“Saya harapkan dapat dijadikan kajian, studi, inovasi, dan kreasi yang tepat guna, bermanfaat, ramah lingkungan, berkelanjutan, menunjang kearifan lokal, dan melestarikan identitas bangsa yang dapat mengendalikan Karlahut dengan pendekatan optimalisasi pembangunan infrastruktur,” ujarnya.

Hasil lain yang diharapkan adalah tersusunnya rumusan materi untuk penyusunan pedoman teknis pembangunan infrastruktur yang bermanfaat bagi pengembangan inovasi dan kreasi lebih praktis dan aplikatif sehingga dapat mudah dipahami oleh masyarakat dan pemangku kepentingan.

Sementara itu, Ketua umum Kerjasama Lintas INKINDO Kalimantan (KLIK), Syamsul Arivin mengatakan, bagian penting dari tugas konsultan adalah melakukan desain, implementasi, supervisi, dan maintenance dan karena itu konsultan diharapkan perannya dalam pembangunan di semua lini.

“Konsultan dengan peran dan fungsi, dengan kemampuan yang dimiliki, merasa terpanggil kepada negara ini dan juga dunia internasional, bahwa masalah Karlahut ini menjadi topik yang terus disorot dan karena itu harus ada peran Inkindo,” katanya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru