Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejaksaan Negeri Barito Selatan Siap Berikan Bantuan Hukum kepada Pemda

  • Oleh Uriutu
  • 23 Februari 2018 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kejaksaan Negeri Kabupaten Barito Selatan siap memberikan bantuan hukum perdata dan tata usaha negara kepada pemerintah daerah.

Demikian diungkapkan Kajari Barsel, Luhur Istigfhar seusai penandatanganan Mou penanganan masalah hukum dengan Pemkab, Jumat (23/2/2018).

Penandatanganan ini berkaitan dengan dengan dua hal yakni Tim Pengawalan, Pengamanan, Pemerintahan, dan Pembangunan Daerah (TP4D) serta penanganan perdata, dan tata usaha negara. 

Bila ada gugatan maupun mediasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat dan dengan pengusaha atau antar dinas, maka pihaknya memiliki sarana untuk memberikan bantuan hukum melalui pengacara negara. 

Melalui pengacara negara inilah yang mewakili apabila terjadi perdebatan, selisih, dan terjadi sesuatu yang berkaitan dengan pemerintah daerah. 

Kemudian mengenai TP4D ini sesuai Intruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi. 

“Dengan dimulainya pekerjaan proyek yang sedang dilaksanakan, maka kita menawarkan melakukan pengawalan, dan pengamanan terhadap pembangunan yang sedang dilaksanakan,” jelasnya.

Hal tersebut dimaksudkan agar meminimalisasi terjadinya pelanggaran, penyimpangan atau tindak pidana korupsi dari pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan.  (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru